Minggu, 17 Februari 2013

Pasar Tani Indonesia





Pasar Tani Indonesia

Salah satu upaya terobosan yang dapat dilakukan dalam meningkatkan posisi tawar petani produsen adalah dengan menyediakan sarana pemasaran bagi petani agar dapat memasarkan hasil pertaniannya secara langsung kepada konsumen
yaitu melalui Pasar Tani.

Pembangunan Pasar Tani di Indonesia sudah memasuki tahun keempat namun pengembangannya masih terus diupayakan khususnya dalam meningkatkan kemampuan manajemen dan memperluas jaringan pemasaran agar dapat menjadi agen pemasaran bagi petani/kelompok tani (poktan)/ gabungan kelompok tani (gapoktan). Pengelolaan Pasar Tani secara profesional merupakan suatu keharusan agar usahanya dapat berkesinambungan dan memberikan peningkatan pendapatan bagi petani dan pelaku usaha lain yang terlibat didalamnya.

Dalam rangka operasionalisasi Pasar Tani, diharapkan Dinas Pembina dapat menempatkan minimal 1 (satu) orang sebagai tenaga pendamping profesional non PNS (site manager) yang secara intensif membantu manajemen pengurus dan peserta Pasar Tani.

Seorang site manager minimal berpendidikan sarjana dan memiliki kompetensi dibidang pengolahan dan pemasaran hasil pertanian. Kegiatan pendampingan yang dilakukan mencakup pengembangan kelembagaan, manajemen usaha dan pemasaran, akses terhadap pembiayaan dan teknologi, mulai dari awal perencanaan, selama pelaksanaan sampai pelaporan kegiatan Pasar TanI secara berkala.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar