Pasar Tani Indonesia
Salah satu upaya terobosan yang
dapat dilakukan dalam meningkatkan posisi tawar petani produsen adalah dengan
menyediakan sarana pemasaran bagi petani agar dapat memasarkan hasil
pertaniannya secara langsung kepada konsumen
yaitu melalui Pasar Tani.
Pembangunan Pasar Tani di Indonesia
sudah memasuki tahun keempat namun pengembangannya masih terus diupayakan
khususnya dalam meningkatkan kemampuan manajemen dan memperluas jaringan
pemasaran agar dapat menjadi agen pemasaran bagi petani/kelompok tani (poktan)/
gabungan kelompok tani (gapoktan). Pengelolaan Pasar Tani secara profesional
merupakan suatu keharusan agar usahanya dapat berkesinambungan dan memberikan
peningkatan pendapatan bagi petani dan pelaku usaha lain yang terlibat
didalamnya.
Dalam rangka operasionalisasi Pasar
Tani, diharapkan Dinas Pembina dapat menempatkan minimal 1 (satu) orang sebagai
tenaga pendamping profesional non PNS (site manager) yang secara
intensif membantu manajemen pengurus dan peserta Pasar Tani.
Seorang site manager minimal
berpendidikan sarjana dan memiliki kompetensi dibidang pengolahan dan pemasaran
hasil pertanian. Kegiatan pendampingan yang dilakukan mencakup pengembangan
kelembagaan, manajemen usaha dan pemasaran, akses terhadap pembiayaan dan
teknologi, mulai dari awal perencanaan, selama pelaksanaan sampai pelaporan
kegiatan Pasar TanI secara
berkala.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar